Ada sekitar seribu bahan kimia baru yang setiap tahun dihasilkan di Amerika Serikat

kimiaSelama setengah abad ini, perubahan yang luar biasa terjadi dalam kebiasaan hidup dan makan telah melanda sebagian besar penduduk dunia, dan puluhan ribu campuran kimia. Banyak di antaranya asing bagi alam dan hanya sedikit yang akibat-akibat karsinogenik, mutagenik serta akibat-akibat buruk lainnya yang sudah diuji sepenuhnya – telah diketengahkan ke dalam lingkungan. Dalam sekian puluh tahun mendatang tubuh kita akan memberikan bukti-bukti sehubungan dengan obat penyakit diabetes yang ampuh beberapa banyak sifat karsinogen yang kerjanya sangat perlahan yang telah dilepaskan atas nama kemajuan. “Kesalahan-kesalahan kita di masa lampau memungkinkan banyak di antara kita bergelimang dengan penyebab-penyebab kanker.

Segenap jaringan tubuh kita bersaksi atas kesalahan-kesalahan ini,” tulis Dr. Irving J. Setikoff, seorang ahli terkemuka dalam kanker yang diderita melalui pekerjaan. Suatu lonjakan jumlah penderita kanker yang semakin pesat boleh jadi sedang berlangsung. Selama sekian dasawarsa, sebagian besar bahan-bahan tambahan untuk makanan, kosmetik dan obat-obatan telah diuji dan dikenai peraturan pemerintahan – meskipun dengan berbagai tingkat kehati-hatian dan keketatan. Tetapi hingga tahun 1977, ketika undang-undang mengenai zat-zat beracun yang merupakan tonggak baru  di bidang perundangan berlaku di Amerika Serikat, tak satu pun negara lain yang mengundangkan pemeriksaan seteliti mungkin atas berbagai pengaruh bahan-bahan kimia industri yang baru terhadap kesehatan. Semua negara di dunia umumnya belum lagi memeriksa dan menguji bahan-bahan kimia pabrik atau memaksa industri yang bersangkutan untuk memonitor dirinya Sendiri.

Bahkan undang-undang tersebut sekalipun tak lebih dari langkah pertama menuju usaha menghadapi tantangan bahan-bahan kimia industri terhadap kesehatan. Jika kanker digolong-golongkan menurut type dan organ-organ tubuh di mana ia muncul, katakanlah kita bisa menunjukkan seratus macam dan sebagian besar di antaranya agak jarang. Dalam hal-hal tertentu masing-masingnya bisa dipandang sebagai sejehis penyakit, dan hampir pasti tak satupun oblt potensial bagi semua jenis kanker itu. Hampir semua kanker ditandai oleh pembiakan yang dahsyat dan tak terkekang dari sel-sel tubuh. Kalau pertumbuhan sel yang menyimpang hanya terbatas pada satu daerah, ia biasanya merupakan tumor, yang kadang-kadang juga berbahaya, akan tetapi bisa dihilangkan lewat pembedahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *