Gejala Kanker Serviks Stadium Awal Dan Pengobatannya

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal Dan Pengobatannya – Gejala dari kanker serviks sebenarnya tidak selalu dapat terlihat, bahkan ada kemungkinan gejala gejalanya tidak muncul sama sekali. Sering kali, kemunculan dari gejala – gejala yang terjadi ketika kanker sudah memasuki stadium akhir. Karena itulah, melakukan pap smear dengan rutin sangat penting untuk ‘menangkap’ sel pra-kanker yang mencegah perkembangan kanker serviks terjadi.

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal Dan Pengobatannya

Pendarahan Pada Vagina

Pendarahan yang tidak normal di organ kewanitaan, termasuk flek merupakan gejala yang kerap terlihat dapat menjadi gejala kanker serviks. Setelah berhubungan seks Pendarahan dapat terjadi, di luar masa masa menstruasi, ataupun setelah terjadinya menopause. Segeralah temui dokter untuk pemeriksaan apabila terjadi pendarahan tidak normal lebih dari satu kali. Bisa jadi pendaran tidak normal ini menjadi gejala terjadinya kanker serviks stadium awal.

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Selain pendarahan tidak normal,akan muncul gejala – gejal lain kanker serviks stadium awal seperti berkut ini :

  • Tiap kali melakukan hubungan seksual akan terasa sakit dan nyeri
  • Dalam vagina ada Cairan yang keluar tanpa berhenti bau ya juga aneh atau berbeda dari yang biasanya, berwarna pucat, cokelat, merah muda, atau mengandung darah.
  • Siklus menstruasi tanpa diketahui berubah, misal menstruasi lebih dari 7 hari untuk 3 bulan lebih, jumlah yang sangat banyak terjadi pendarahan.
  • Terjadi Keputihan yang berbau dan juga gatal.
    Keputihan jenis ini merupakan keputihan yang abnormal,anda dapat mengatasinya dengan senantiasa menjaga kebersihan miss v dengan menggunakan Crystal X ataupun Nes V. Jenis pengobatan dengan crystal x dan juga Nes V ini sangat manjur dan juga aman karena terbuat dari bahan – bahan yang alami.
  • Akan Kehilangan nafsu makan
  • Terjadi rasa rasa nyeri yang berlebih saat buang air kecil.
  • Sering mengalami kelelahan
  • Terjadinya nyeri pada sekitar bagian panggul.
  • Apabila kanker serviks ini telah mencapai stadium akhir biasanya akan terjadi bengkak di beberapa bagian tubuh seperti: paha,betis,tangan dsb.

Gejala Pada Kanker Serviks Stadium Akhir

Pada stadium akhir Kanker serviks menyebar ke luar dari dinding leher rahim menuju ke jaringan dan organ yang ada di sekitarnya. Tahapan ini, gejala – gejala yang terjadi bisa berbeda, antara lain:

  • Terdapat darah dalam urine dan terjadinya hematuria
  • Buang air kecil bermasalah karena ginjal tersumbat atau ureter.
  • Kebiasaan buang air besar dan kecil berubah.
  • Berat badan menurun.
  • Pada salah satu kaki terjadi pembengkaan.
  • Tulang merasakan nyeri.
  • Kehilangan selera makan.
  • Pada perut bagian bawah terasa sakit dan juga panggul.
  • Pada punggung atau pinggang terasa nyeri, karena pembengkakan terjadi pada ginjal. Kondisi ini sebagai hidronefrosis.

Gejala- gejala seperti disebutkan di atas apabila anda mengalaminya, Segera temui dokter. Terutama jika terjadi pendarahan yang tidak normal hal ini disebabkan oleh banyak hal. Gejala ini haruslah diperiksa oleh dokter untuk dapat di ketahui penyebabnya.

Cara Pengobatan

Kanker serviks untuk pengobatanya tergantung beberapa faktor. Misal stadium jenis kanker, kanker, usia pasien, kondisi medis lain yang sedang dihadapi, keinginan untuk memiliki anak, dan pengobatan yang diinginkan. Untuk jenis pengobatannya bervariasi misalnya: pengobatan secara tradisional,secara herbal,tanpa opersasi dan dengan operasi. Untuk jenis pengobatannya dengan operasi,kanker serviks ini dapat ditangani oleh tim terdiri dari dokter dari spesialisas. Tim ini dapat membantu anda dalam melanjutkan pengobatan, namun keputusan akhir dalam memilih jenis pengobatan kanker serviks yang mana,tetaplah ada di tangan anda.

Pengobatan Kanker Serviks Berdasarkan Stadium

Penanganan kanker serviks ini menurut stadiumnya dapat terbagi menjadi dua. Pertama yaitu penanganan kanker serviks pada tahap awal, adalah operasi pengangkatan seluruh atau sebagian organ rahim, radioterapi, atau kombinasi keduanya. kedua adalah penanganan dan pengobatan kanker serviks stadium akhir merupakan kemoterapi yang kadang operasi dilakukan jika perlu.

Diagnosis kanker serviks yang diketahui dari awal, kemungkinan sembuh cukup besar. Namun jika kanker terlanjur menyebar, peluang sembuh total jadi berkurang. kasus kanker serviks yang tidak dapat sembuh, Disarankan melakukan perawatan paliatif. Perawatan berfungsi memperlambat penyebaran kanker, usia pasien dapat diperpanjang dan bisa mengurangi gejala muncul, misal pendarahan vagina dan rasa sakit.

Prosedur Pengangkatan Sel-sel Prakanker

Pap smear Hasilnya mungkin tidak menunjukkan terdeteksi kanker serviks, namun dapat dilihat jika terjadi perubahan biologis berpotensi jadi kanker di masa mendatang. Berikut ini penanganan yang tersedia:

  • Terapi laser yaitu pemakaian laser guna membakar sel-sel abnormal.
  • Biopsi kerucut yaitu pengangkatan wilayah di tempat jaringan tidak normal melalui prosedur operasi.
  • LLETZ atau large loop excision of transformation zone: dipotongnya sel-sel abnormal memakai kawat tipis dan juga arus listrik.

Operasi Pengangkatan Kanker Serviks

Operasi utama untuk kanker serviks Ada beberapa jenis

  • Operasi Radical Trachelectomy
    lebih cocok Prosedur ini untuk kanker serviks pada stadium awal dan ditawarkan kepada mereka para wanita yang masih berkeinginan memiliki anak. Tujuan operasi ini yaitu untuk mengangkat leher rahim, jaringan sekitarnya, serta bagian atas dari vagina, sehingga rahim tidak perlu diangkat. Dengan prosedur ini anda masih berpeluang mempunyai momongan karena rahim tidak diangkat. rahim dan vagina Pasca operasi, memerlukan waktu untuk pulih. kami sarankan enam bulan sampai setahun setelah operasi tunggu dahulu sebelum anda memutuskan untuk hamil.
  • Operasi Yang Melibatkan Pengangkatan Rahim
    Histerektomi adalah pengangkatan rahim wanita. berbagai alasan untuk dilakukanya Histerektomi ini, salah satunya operasi kanker serviks untuk stadium awal. Agar kanker tidak kembali lagi, mungkin perlu dilakukan radioterapi juga.

Operasi Histerektomi

Jenis operasi pengangangkatan rahim (histerektomi) ini juga masih di bagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Histerektomi Sederhana
    Histerektomi jenis ini merupakan prosedur leher rahim dan rahim akan diangkat. Beberapa kasus, bisa juga turut diangkat ovarium dan tuba falopi. Dilakukan Prosedur ini bisa untuk kanker serviks pada stadium awal.
  • Histerektomi Radikal
    Histerektomi jenis ini merupakan Leher rahim, rahim, nodus limfa, jaringan di sekitarnya, ovarium, serta tuba falopi, semuanya diangkat. Prosedur ini cenderung dilakukan untuk kanker serviks stadium satu lanjutan serta stadium dua pada tahap awal.

Semoga artikel dari kami tentang gejala kanker serviks stadium awal dan pengobatanya dari kami di atas dapat memberi sedikit informasi bagi anda yang saat ini sedang menglami masalah degan kanker serviks yang masih dalam stadium awal ataupun kanker serviks stadium akhir. Bagi anda yang belum mengalami masalah kanker serviks ada baiknya anda dapat mencegahnya dengan selalu menjaga kebersihan miss v anda dan senantiasa melakukan pola hidup yang sehat. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Terimakasih dan Salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *