Kegunaan Zat Gizi Yang Baik Untuk Pakan Ayam

Kegunaan Zat Gizi Yang Baik Untuk Pakan AyamPakan ayam merupakan salah satu kebutuhan penting untuk dalam dunia peternakan. Kebuetuhan pakan yang besar mendorong peternak untuk membuat pakan ayam sendiri karena membuat pakan ayam sendiri untuk biaya pembuatanya jauh lebih hemat dibandingkan dari pakan yang beli.

Namun banyak juga para peternak tidak menghiraukan kandungan gizi yang terdapat dalam pakan tersebut banyak peternak yang mempunyai pikiran yang terpenting ayam kenyang. Tetapi banyak juga para peternak yang memperhatikan pakan dari segi gizi biasanya peternak-peternak besar yang melakukannya

Sebelum meramu pakan, harus diketahui lebih dulu unsur-unsur zat gizi yang berguna untuk ayam. Zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh ayam pelung, ayam arab dan poncin karena pakan yang baik akan mempengaruhi kualitas telur ayam tersebut apa saja kandungan yang bauk dalam pakan ternak adalah sebagai berikut.

Protein
Zat ini berguna untuk pertumbuhan tulang, otot, dan daging. Selain itu digunakan untuk membentuk atau mengganti jaringan yang rusak, menumbuhkan bulu, dan meningkatkan produksi telur. Protein terdiri atas asam amino penting yang berguna bagi proses perkembangan tubuh (metabolisme). Bahan pakan yang merupakan sumber protein adalah tepung ikan, tepung daging, tepung kedelai, kacang hijau, bungkil kacang tanah, dan jagung.

 Karbohidrat
Zat ini merupakan sumber tenaga (energi) untuk gerak kegiatan ayam. Sumber karbohidrat adalah gandum, beras, dedak, menir, bekatul, dan gula.

Lemak
Inilah zat yang merupakan sumber tenaga yang berasal dari kelapa sawit, minyak kelapa, minyak kedelai, dan minyak binatang.

Mineral
Zat ini berguna untuk membangun tubuh dan membantu proses metabolisme serta pembentukan tulang seperti mineral kalsium dan fosfor. Sumber mineral berasal dari berbagai jenis makanan, kulit kerang, garam dapur, dan berbagai suplemen.

Vitamin
Vitamin berguna sebagai katalisator untuk menyeimbangkan kondisi tubuh ayam. Vitamin meliputi A, B1 B2, B12, C, D, E, dan K. Sumbernya berasal dari biji-bijian dan sayuran hijau. Vitamin bisa juga diberikan dalam bentuk suplemen yang dicampurkan ke dalam minuman atau ditelan oleh ayam. Pemberian vitamin dan mineral and stres biasanya diberikan kepada ayam ketika pindah kandang atau dalam keadaan cuaca buruk (hujan terus menerus).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *