Lemak Tak Jenuh Rantai Majemuk Disebut Lemak Esensial

Sumber lemak tidak jenuh rantai majemuk adalah minyak nabati seperti minyak jagung dan kedelai, biji-bijian, wbole grain, dan ikan bedemak seperti salem dan tuna. Terdapat dua jenis lemak tidak jenuh rantai majemuk yaitu: lemak n-3 (omega-3) dan lemak n-6 (omega 6). Timbul kontroversi mengenai apakab kedua lemak sama baiknya bagS kesehatan Anda atau ada perbandingan tertentu antara keduanya. Menurut pandangan kami, intinya adalah kedua lemak jenis lemak tersebut baik untuk kesehatan Anda. Lemak sehat memiliki beberapa fungsi penting. Pertama,lemak ini memiliki efek bedawanan dengan lemak jenuh dan menurunkan kadar kolesterol LDL (“jahat”) sehingga menurunkan risiko pembentukan aterosklerosis.

lemak tak jenuhLemak tidak jenuh rantai majemuk n-3 juga mengurangi risiko gangguan debaran jantung yang mengancam nyawa jika Anda menderita penyakit jantung (termasuk penyakit janrung vang tidak kelihatan gejalanya dan belum terdeteksi). juga ada data vang menunjukkan efekĀ obat herbal penurun kolesterol dan gula darah yang menguntungkan pada peradangan dan gangguan pembuluh darah lainny a yang tarnp aknya menyebabkan atero sklerosis dan penyakit jantung. Sebuah penelitian besar di Prancis yang disebut Lyon Diet Heart Study membuktikan bahwa penambahan lemak tidak jenuh rantai tunggal dan majemuk pada makanan akan mencegah aterosklerosis dan memperpanjang umur.

Uji coba secara acak dan terkontrol ini menugaskan sejumlah ofang melakukan diet “Mediterarian” yang mengandung lebih banyak sa1.ut, Iebih banyak buah, lebih banyak ikan dan unggas, lebih sedikit daging merah, dan tanpa krim. Orang yang mengikuti diet Mediteranian juga diberi margarin khusus dengan kandungan lemak jenuh dan trans yaflg rendah dan kaya lemak tidak jenuh, terutama lemak tidak jenuh rantar majemuk esensial n-3 yang dikenal sebagai asam alfa-linolenat. Hasil Lyon Diet Heart Study luar biasa dramatis dan nyata : setelah dua setengah tahun, terjadi penurunan kematian sebesar 70 %karena berbagai sebab.

Protein Sehat dan Tidak Sehat

Sebenarnya tidak ada protein “sehat” dan “tidak sehat” seperti halnya lemak. Namun ada makanan kaya protein yang tidak baik untuk kesehatan karena kaya kandungan lemak tidak sehatnya, seperti daging merah, dan makanankaya protein yang baik bagi kesehatan katena tidak mengandung lemak tidak sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *