Meramu Pakan yang Komplit dan Pemberian Air Minum

Dalam meramu pakan yang komplit, peternak harus sudah mengetahui ketersediaan bahan serta harga bahan pakan yang akan digunakan. Bila salah satu bahan pakan tidak ada, formula pakan tidak dapat dibuat. Selain itu Kegunaan Zat Gizi Yang Baik Untuk Pakan Ayam sangatlah berpengaruh atas tumbuh kembang ayam, saat membeli bahan pakan, harus diperhatikan kualitasnya. Bahan pakan berkualitas jelek akan mempengaruhi kandungan gizi ransum yang dibuat dan berakibat buruk pada ternak yang diberi pakan.

Contoh Komposisi Ransum atau Pakan Komplit untuk DOC Umur 0—2 Bulan

Meramu Pakan yang Komplit dan Pemberian Air Minum

Dari komposisi ransum tersebut didapat kandungan gizi sebagai berikut: protein kasar 18%, karbohidrat 60%, serat kasar 6%, kalsium 1%, dan fosfor 0,5%. Total kalori 2.900 kcal/kg.

Setelah mendapatkan formula pakan, langkah selanjutnya adalah menimbang bahan pakan dan mencampurnya menjadi pakan komplit. Pada prinsipnya, penimbangan bahan pakan harus sesuai dengan formulanya. Pada waktu mencampur, usahakan setiap bahan tercampur dengan rata.

Bagi peternak ayam yang menggunakan dua macam formula, seperti pakan untuk anak ayam umur 0—2 bulan dan pakan untuk anak ayam umur di atas 2 bulan, yang harus diperhatikan adalah waktu peralihan jenis pakan. Hal ini sangat penting. Peralihan pakan yang kurang tepat akan mengakibatkan stres pada ayam. Sebelum pakan pertama diganti dengan pakan kedua perlu dilakukan pencampuran terlebih dulu, dengan komposisi masing-masing 50%, dan diberikan selama 2—3 hari.

Contoh Ransum Pakan untuk Anak Ayam Usia 2—4 Bulan

Pada usia ini anak ayam telah memasuki fase awal remaja. Kebutuhan pakannya sebagai berikut.

Meramu Pakan yang Komplit dan Pemberian Air Minum

Catatan: setiap formula bahan ditambah 0,5 kg Topmix dan 0,25% Starbio.

Dari komposisi ransum tersebut dihasilkan kandungan sebagai berikut: protein 17%, karbohidrat -15%, lemak 7%, serat kasar 7%, mineral 1,25, dan vitamin 0,5. Total kalori 2.500 kcal/kg.

Kebutuhan Ransum Ayam Berumur 4—5 Menjelang Bertelur

Ransum yang diburuhkan scbagai berikut :

Meramu Pakan yang Komplit dan Pemberian Air Minum

Catatan: untuk setiap 100 kg pakan harus ditambah 2 kg mineral, 1 kg vitamin B]2, dan 0,25 kg Starbio plus.

Dari komposisi ransum tersebut dihasilkan kandungan sebagai berikut: protein 15%, karbohidrat 55%, lemak 8%, serat kasar 9%, mineral 1,25%, dan vitamin 0,5%. Total kalori 2.500 kcal/kg.

Kebutuhan Ransum Ayam yang Bertelur
Umur 5 bulan biasanya ayam poncin atau ayam arab sudah mulai bertelur. Bahkan ada yang pertumbuhannya subur dan pada usia 4,5 bulan sudah mulai bertelur. Pakan ayam yang mulai bertelur sampai usia produktif sebagai berikut.

Meramu Pakan yang Komplit dan Pemberian Air Minum

Catatan: per 100 kg pakan harus ditambah 3% mineral, 1% vitamin Bl2, dan 0,25 kg Starbio plus. Pakan harus berbentuk tepung kasar atau pelet.

Dari komposisi ransum tersebut didapat kandungan sebagai berikut: protein 16%, karbohidrat 50%, lemak 7%, serat kasar 6%, kalsium 3,5%, dan fosfor 0,55%. Total kalori 2.900 kcal/kg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *