Nutrisi bekerja sama dengan olahraga memberikan lebih banyak manfaat

Perkiraan sekarang ini adalah bahwa kurangnya orang Amerika berolahraga menyebabkan sampai sepertiga kematian dari tiga penyakit utama berikut: penyakit jantung koroner, kanker kolon, dan diabetes. Dua elemen pertama dari program NEWSTART (nutrisi dan olahraga) saling melengkapi dengan indahnya. Ini berlaku bagi penyakit-penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Akan tetapi, ini juga berlaku bagi persoalan kualitas hidup. Ingat kembali riset terkenal yang menunjukkan keunggulan dari diet  vegetarian terhadap ketahanan atlit. Keuntungan kualitas hidup lainnya ada pada kinerja mental. Contohnya, individu paruhbaya-dan bahkan mereka yang sampai pada usia 80-an yang tidak menderita penyakit Alzheimer-terbukti mengalami kemajuan berarti dalam ingatan setelah mengikuti program olahraga dalam waktu sembilan atau sepuluh minggu lamanya.

Screenshot_2Sebenarnya, orang-orang Amerika yang lebih tua mempunyai kemajuan yang progresif dalam fungsi mental saat mereka semakin sering berolahraga. Seperti yang diungkapkan oleh saturiset: “Ada hubungan garis lurus yang jelas antara tingkat aktivitas dan tingkat kemampuan kognitif[mental].”3′ Suatu panel konsensus yang diadakan oleh National Institute o{Mental Health mengidentifikasi manfaat kualitas kehidupan penting lainnya dari berolahraga. Ini dicantumkan dalam Gambar 12. Meskipun profesional kesehatan telah menekankan selama bertahun-tahun pentingnya berolahraga dalam mencegah penyakit yang mengancam jiwa untuk memotivasi pasien-pasien mereka agar berolahraga, barangkali ini bukan strategi yang paling efektif untuk memajukan olahraga. Perbaikan dalam berbagai segi kualitas hidup tampaknya menjadi faktor paling penting sehingga banyak yang menjadi pelaku olahraga yang teratur. Malalah RUNNER’S WORLD mempublikasikan hasil survei olahraga terhadap 700 pelanggannya di tahun 1990. Perhatikan berbagaimacam alasan menjalani program olahraga :

Alasan-alasan utama ini semua berkaitan dengankualitas hidup. Lebih lanjut bagian bawah daftarnya adalah alasan untuk menyelamatkan jiwa yang dianggap para profesional merupakan yang paling memotivasi. Hanya 42 persen mengidentifikasi pencegahan penyakit jantung sebagai alasan berolahraga.Riset medis terus mengungkapkan lebih banyak lagi kegunaan berolahraga pada kualitas hidup. Para periset Harvard akhir-akhir ini nmencatat bahwa olahraga mengurangi risiko mengembangkan diabetes pada masa dewasa.  Sedikitnya satu kali Iatihan per minggu mengurangi  risiko diabetes sebanyai (29 persen).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *