Penyakit Ayam yang dapat menyerang ayam buras

Penyakit Ayam yang dapat menyerang ayam buras

Sekaliupun lebih tahan terhadap penyakit dibandingkan dengan ayam ras, ayam arab dan poncin bukannya tidak pernah sakit. Penyakitnya pun bisa merupakan penyakit menular dan sama dengan jenis ayam buras lainnya. Oleh sebab itu, upaya pencegahan tetap harus diperhatikan. Biasanya, kematian pada anak ayam berusia 2 bulan merupakan kasus yang paling menonjol. Soalnya, pada usia ini, kondisi ayam masih rentan, masih gampang dipengaruhi oleh berbagai unsur pencetus penyakit, seperti perubahan cuaca, kebersihan kandang, dan salah dalam pemberian pakan.

Factor cuaca juga sangat mempengaruhi kesehatan ayam. Cuaca hujan dan dingin menyebabkan cold (pilek) pada anak ayam, sedangkan cuaca yang terlalu panas dan kering bisa menyebabkan dehidrasi.

Pemberian Air Minum Yang Bagus Untuk Ternak Ayam arab maupun ayam pocin juga perlu di perhatikan selain memberikan air bersih dan tidak kotor pemberian vaksin pada juga dapat membantu kesehatan ayam, kebanyakan pemberian vaksin ini melalui media air minum selain praktis juga akan mengemat tenaga.

Kandang yang kotor mudah menimbulkan bakteri dan kuman. Di samping itu, gas beracun yang ditimbulkannya, seperti amoniak dan nitrit dapat membunuh anak ayam. Kandang yang kotor pun bisa membawa malapetaka bagi ayam dewasa. Oleh sebab itu, kebersihan kandang mutlak harus dijaga.

Selain kebersihan kandang ada juga syarat untuk pembuatan kandang terutama pembuatan kandang ayam arab dan ayam bocin, sebisa mungkin kandang menghadap ke sebelah timur. Tujuan kandang menghadap ke timur adalah supaya cahaya matahari dapat langsung masuk ke dalam kandang yang akan membuat kandang menjadi kering tidak lembab dalam kasusu yang sudah sudah banyak ayam meninggak karena terkena gas ammonia yang di sebabkan oleh terlalu lembab keadaan kandang.

Selain  coal atau snot, penyakit lain yang paling sering menyerang ayam arab dan poncin adalah tetelo (newcastle disease), gumboro (infection bursal disease), marek (leukosis akuta), kolera, dan berak kapur. Selain itu, muncul gejala sekunder yang datang bersamaan dengan gejala-gejala penyakit tersebut.

Itu tadi sekilas mengenai penyakit yang dapat menyerang ayam terutama ayam arab, ayam pelung dan ayam buras semoga artikel ini dapat membantu anda dalam beternak ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *