Pola Makan Yang Harus Patuhi Oleh Penderita Diabetes

•    Pada dasarnya, seorang penderita diabetes harus mengatur penyerapan gula dalam tubuh. Ketika gula dalam tubuh diserap dengan baik, maka tidak akan terjadi lonjakan kadar gula dalam darah. Salah satu cara mengontrol penyerapan gula oleh tubuh adalah dengan mengurangi asupan kalori. Sedangkan cara untuk menghambat penyerapan gula oleh pembuluh darah adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur mempunyai serat yang memang berfungsi mampu memperlambat penyerapan gula oleh pembuluh darah, sehingga tidak akan terjadi lonjakan kadar gula darah.

no junk food•    Mengurangi asupan lemak adalah hal yang sering diingatkan oleh dokter kepada para pasien diabetes. Konsumsi lemak berlebih dapat menyebabkan lonjakan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini sangat berhubungan pada kadar gula darah karena. Lonjakan kolesterol akan membuat kinerja insulin menjadi tidak efisien.

•    Mengkonsumsi karbohidrat kompleks adalah hal yang bijak. Karbohidrat kompleks membutuhkan sebuah proses yang lebih lama dalam pemecahannya menjadi gula. Dengan demikian, tidak akan terjadi pembanjiran kadar gula dalam darah. Beberapa contoh bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah roti gandum, biji-bijian utuh, beras merah dsb.

•    Gula buah yang sudah mengalami pemprosesan akan membutuhkan insulin untuk bisa diserap tubuh. Dengan demikian, pankreas harus bekerja keras untuk menghasilkan insulin. Pada penderita diabetes, insulin ini merupakan fokus utama. Jadi, dengan masalah yang dihadapi oleh penderita diabetes ini, maka darah akan kebanjiran kadar gula. Dengan demikian, sebaiknya jauhi makanan dan minuman-minuman manis. Penderita bisa mengkonsumsi buah-buahan karena gulanya langsung diserap oleh tubuh dan tidak memerlukan insulin.

•    Mengemil yang sehat tidak dilarang untuk penderita diabetes. Bahan konsumsi untuk penderita diabetes harus benar-benar diperhatikan. Pilihlah cemilan yang mempunyai kadar serat tinggi dan tidak membebani pankreas untuk memproduksi insulin. Cemilan yang pas adalah buah-buahan (kecuali durian), lebih jelasnya klik http://obatpenyakitdiabetes.org/pengobatan-herbal-diabetes-melitus-yang-ampuh/

•    Hentikan makan ketika belum kenyang. Banyak makan juga bisa menjadi bumerang untuk penderita diabetes.

Waktu makan penderita diabetes

Seperti konsumsi pada orang-orang normal, seorang penderita diabetes juga makan sebanyak 3 kali dalam sehari. Namun, ada beberapa makanan juga yang dikonsumsi pada waktu di antara waktu makan. Biasanya jarak antara waktu makan dan waktu di antara jam makan ini adalah 3 jam.

Buah-buahan adalah makanan yang sering dianjurkan untuk penderita diabetes. Buah-buahan mempunyai serat yang mempunyai fungsi untuk menghambat penyerapan kadar gula ke dalam pembuluh darah. Namun demikian, ada beberapa buah-buahan yang memang dianjurkan, ada pula yang harus dilakukan pembatasan pada konsumsinya.

Buah-buahan yang memang dianjurkan adalah yang mengandung tidak terlalu banyak gula atau kurang manis. Beberapa buah-buahan tersebut di antaranya adalah kedondong, apel, tomat, semangka, pisang dan pepaya. Sedangkan yang harus dibatasi konsumsinya antara lain durian, anggur, sawo, rambutan, jeruk dan mangga.

Begitu pun sayuran, ada jenis sayuran yang memang bebas untuk dikonsumsi karena kadar kalorinya hanya 3%. Ada pula sayuran yang bisa dikonsumsi dalam jumlah terbatas karena kandungan kalorinya adalah 6%. Beberapa jenis sayuran yang aman dikonsumsi secara bebas antara lain kembang kol, kecipir, labu air, kangkung, jamur, terong, rebung dan mentimun. Untuk sayuran yang perlu pembatasan pada konsumsinya antara lain kacag panjang, daun singkong, nangka muda, wortel, labu siyem, bayam dan buncis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *