Sebenarnya rasa benci semacam itu adalah sebuah gejolak umum

ni nihhDisini kita hanya membahas beberapa akibat sampingan fisik setelah operasi. Perasaan lain yang mungkin anda rasakan adalah perasaan kaku. Seluruh bagian dada anda yang terasa kaku dan pedas serupa anda rasakan bila kaki lagi tertidur. Anda-pun akan menemukan beberapa pipa-karet atau selang yang keluar dari pembalut dan dihubungkan dengan sebuah atau lebih botol khusus pemberi atau penampung cairan.Dalam selang botol penampung mengalir rembesan darah dan getah bening agar luka cepat mengering. Kadang kala ujung selang dapat memberi rasa sakit dan laporkan hal itu kepada perawat. Oleh dokter ahli bedah ditinggalkan pesan kepada perawat mengenai obat-obatan yang harus diberikan kepada anda termasuk obat tradisional kencing manis basah yang menghilangkan rasa sakit dan kalau perlu yang memudahkan anda untuk tidur.

Beberapa hari setelah dibedah anda akan belajar jalan kembali. Makin cepat berjalan anda akan mempercepat penyembuhan. Andapun dianjurkan menggerakkan jari-jari, bahkan juga menggerakkan tangan dan lengan, guna meningkatkan pengeringan luka yaitu dengan dipercepatnya keluarnya cairan ber- Iebihan. Setelah itu anda diminta melatih otot-otot dengan salah satu tangan menggenggam bola kecil terbuat dari karet misalnya bola tennis dan meremas-remasnya. Lihat gambar di bawah ini. Pada waktu mendekati penyembuhan, anda diperkenankan untuk mulai belajar menyisir rambut, juga mencuci muka justru menggunakan lengan yang masih terasa lemah. Perhatikan, agar kepala anda selalu tegak lurus.

Membungkukkan leher ke arah sisi yang dioperasi, mengurangi usaha melatih otot-otot lengan. Memang, latihan yang benar dapat menimbulkan rasa sakit dibagian ketiak. Rasa sakit pada latihan dapat menimbulkan sedikit frustasi, tetapi ingat, bahwa latihan ini penting amat bagi penyembuhan anda. Dengan banyak berlatih anda akan lbbih cepat sembuh. Pertama, melatih otot-otot lengan dimaksudkan untuk mengambil alih sebagian tugas otot pektoral yang diangkat. Yang kedua, dengan rajin berlatih kita mencegah terjadinya pembengkakan lengan yang pada umumnya dapat menyebabkan rasa sakit. Anda harus berusaha terus berlatih, walau diliputi perasaan frustrasi. Bila lengan anda mengalami pembengkakan, anda dapat menguranginya dengan tidur-tiduran atau berbaring meletakkan lengan anda lebih tinggi dari jantung atau dada misarnya dengan mempergunakan tumpukan bantal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *