Sekian penyakit “degenerasi” membunuh ratusan ribu orang yang belum lagi mencapai usia tujuh puluh tahun

jantungTak seorang pun yang bisa menyatakan seberapa lama manusia umumnya secara biologis dirancang untuk hidup di tengah-tengah dunia yang bersih dari bermacam pengaruh lingkungan yang negatif. Akan tetapi bukti-bukti yang ada menunjukkan bahwa tingkat penyakit kardiovaskular dan kanker di kalangan masyarakat makmur, sama halnya dengan tingkat penyakit menular di kalangan masyarakat miskin, mencerminkan kebiasaan dan tempat tinggal mereka. Di samping sifat genetis perorangan yang tak menguntungkan, makan berlebihan, terlalu banyak duduk, dan rokok sernuanya kelihatannya menggalakkan serangan jantung serta sekian penyakit kardiovaskular lainnya. Kehidupan yang penuh persaingan dan tekanan, menurut beberapa riset mutakhir, juga bisa mempersingkat umur. Tingkat moralitas keseluruhan, yang umumnya disebabkan oleh penyakit jantung koroner, di antara mereka yang berumur limapuluh hingga tujuhpuluh tahun telah mengalami peningkatan obat sakit diabetes alami di beberapa negara maju semenjak tahun 1950.

Bagi kaum pria yang hampir melampaui umur pertengahan, risiko penyakit jantung yang relatif baru telah meningkat, sementara bahaya lama akibat penyakit-penyakit menular tak bisa ditekan lebih jauh. lagi. Menurut data-data dari negara-negara makmur di tiga benua, 50 hingga 60 persen dari semua kematian koroner menewaskan mereka yang berumur di bawah tujuhpuluh lima tahun; dan 15 hingga 25 persen dari semua kematian ini mencakup mereka yang berumur di bawah limapuluh lima tahun Dengan memperhitungkan banyaknya keragaman antar-negara dan antar-kebudayaan dalam hal pola kanker, sebagian besar penelitian menandaskan bahwa sekitar 70 hingga 90 persen dari seluruh penyakit kanker boleh dikata bersumber dari sebab-sebab lingkungan.

Banyak sumber kanker yang belum ditemukan, tapi beberapa di antaranya sudah diketahui dan beberapa lagi dicurigai keras, seperti asap rokok, berbagai faktor diet, radiasi ultraviolet yang ber-ion serta zat-zat kimiawi dan polutan tertentu termhsuk dalam sumber-sumber penyakit yang belum tergarap sama sekali. Oleh karena kanker umumnya berasal dari faktor lingkungan dan bukan faktor genetis, secara teoritis sebagian besar kanker bisa dihindari. Dan oleh karena 65-80 persen dari semua kematian akibat kanker di banyak negara maju menyerang mereka yang berumur dibawah tujuhpuluh lima tahun, dan 16 hingga 25 persen menyerang mereka yang berummur di bawah limapuluh lirna tahun, kanker tak bisa begitu saja didalihkan sebagai penyakit “degenerasi” karena usia tua .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *