Trigliserida yang Meninggi dan Alkohol (Nomor 4)

AIkohol, sekalipun dalam jumlah yang relatif sedikit, bisa menyebabkan kenaikan trigliserida yang berarti. “Trigliserida” adalah istilah teknis untuk simpanan utama dan bentuk transportasi lemak dalam tubuh. Karena kenaikan dalam pembawa lemak darah yang disebut VLDL (lipoprotein dengan kepadatan yang sangat rendah), nilai kolesterol bisa juga dinaikkan oleh penggunaan alkohol. Seperti kolesterol, trigliserida jika naik tampaknya meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika kadar trigliserida sangat tinggi, bisa juga secara dramatis menambah risiko pankreatitis.

Alkohol dan Fungsi Seksual

(Nomor 5)

27.Efek sampingan kelima dari alkohol terutama merupakan efek yang men)’usahkan dari pengguna alkohol yang lebih berat-penyusutan (atrofi) dari testikel (buah pelir). Ini sebenarnya bisa membuat pria yang bersangkutantampak seperti wanita. Sebagai hasilnya merekabisa memperoleh karakteristik wanita seperti payudara yang membesar. Penggunaan alkohol da-1am jangka waktu yang panjang juga berkaitan dengan impotensi karena efek hormonal.65 HasiIseperti itu ironis, terutama jika banyak pria berpikir bahwa minum itu tindakan “jantan.”

Bagi banyak individu bayangan yang bahkan lebih menakutkan lagi akan terjadi: kecenderungan homoseksual bisa dihasilkan dari paparan alkohol dilam rahim. Kita telah mengetahuiselama bertahun-tahun bahwa paparan janin pada alkohol secara dramatis meningkatkanrisiko perkembangan alat kelamin (genital) baik pada keturunan lakilaki maupun perempuan.Misalnya, pada sindroma alkohol janin (FAS) lebih dari 1.2 persen anak-anak mempunyai ketidakwajaran genital. Sekarang ada permasalahanserius bahwa otak itu sendiri bisamengalami gangguan perbedaan seksual-bahkan jika paparan alkohol relatif ringan dan tidak menyebabkan FAS.

Jumlah anak yang terkena cukup nyata. Di mana sampai 11.000 anak lahir dengan sindroma alkohol pada janin, sebanyak 30.000 atau lebih kemungkinan mempunyai masalah yang berkaitan dengan alkohollainnya yang hampir sama. Semua angka besarini berada pada risiko masalah perbedaan seksual baik di daerah genital eksternal maupunotak. Yang terutama menjadi perhatian pada pertanyaan perbedaan seksual, penelitian hewan menuniukkan bahwa tikus jantan yang terpaparalkohol pada saat janin mengalami penurunan perilaku seks jantan, sementara tikus betina mengalami penurunan sifat betinanya (penurunan perilaku seks betina).

Alkohol, Metabolisme Umum, danNutrisi (Nomor 6)

Gula darah rendah (hipoglikemia) bisa terjadibaik pada peminum berat maupun sedang.Pada anak-anak, jumlah alkohol yang terutama relatif sedikit bisa berbahaya dalam hal ini. Dr. William Altemeier, direktur pelayanan Pediatrikdi General Hospital di Nashville, Tennessee, mengemukakan bahwa karena hipoglikemia, kerusakanotak yang tak bisa diperbaiki bisa terjadi pada anak-anak kecil yang diberikan alkohol dalam jumlah relatif sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *